Rabu, 24 Maret 2010

PENDIDIKAN SENI MUSIK SD


TANAH AIRKU
(ciptaan Ibu Sud)

TA – NAH A – IR – KU TI – DAK KU – LU – PA – KAN

‘KAN KU – KE – NANG SE – LA – MA HI – DUP – KU

BI – AR – PUN SA – YA PER – GI JA – UH, TI – DAK ‘KAN HI – LANG DA - RI KAL – BU

TA – NAH – KU YANG KU – CIN – TA – I, ENG – KAU KU – HAR – GA – I

WALAUPUN BANYAK NEGERI KUJALANI
YANG MASYHUR PERMAI DIKATA ORANG
TETAPI KAMPUNG DAN RUMAHKU, DI SANALAH KURASA SENANG
TANAHKU TAK KULUPAKAN, ENGKAU KUBANGGAKAN


In-do-ne-sia ta-nah a-ir be-ta, pu-sa-ka a-ba-di nan ja-ya
In-do-ne-sia se-jak du-lu ka-la, sla-lu di-pu-ja-pu-ja ban-gsa
Di sa-na tem-pat la-hir be-ta, di-bu-ai di-be-sar-kan bu-nda
Tem-pat ber-lin-dung di ha-ri tu-a, tem-pat a-khir me-nu-tup ma-ta. Sungguh indah ta-nah a-ir be-ta, tia-da ban-ding-nya di du-ni-a
Kar-ya in-dah Tu-han Ma-ha Kua-sa, ba-gi bang-sa yang me-mu-ja-nya
In-do-ne-sia I-bu Per-ti-wi, kau ku-pu-ja kau ku-ka-gu-mi
Te-na-ga-ku bah-kan pun ji-wa-ku, ke-pa-da-mu re-la ku-be-ri.


SYUKUR

Da-ri ya-kin-ku te-guh, ha-ti i-khlas-ku pe – nuh A-kan ka-ru-ni- a - mu

Ta –nah a- ir pu-sa-ka, In-do-ne-sia Mer-de-ka

Syu-kur a-ku sem-bah - kan, ke ha-di – rat – Mu Tu – han.



SERUMPUN PADI

Se - rum - pun pa – di tum – buh di sa – wah hi – jau me – ngu – ning da – un – nya

Tum – buh di sa – wah di pang – kuan I – bu Per – ti – wi

Se – rum – pun ji – wa su – ci hi – dup – mu nis – ta a – ba – di

Se – rum – pun pa – di me – ngan – dung jan – ji ha – rap – an I – bu Per – ti - wi


TANAH AIRKU
(ciptaan Ibu Sud)

TA – NAH A – IR – KU TI – DAK KU – LU – PA – KAN

‘KAN KU – KE – NANG SE – LA – MA HI – DUP – KU

BI – AR – PUN SA – YA PER – GI JA – UH, TI – DAK ‘KAN HI – LANG DA - RI KAL – BU

TA – NAH – KU YANG KU – CIN – TA – I, ENG – KAU KU – HAR – GA – I

WALAUPUN BANYAK NEGERI KUJALANI
YANG ELOK PERMAI DIKATA ORANG
TETAPI KAMPUNG DAN RUMAHKU, DI SANALAH KURASA SENANG
TANAHKU TAK KULUPAKAN, ENGKAU KUBANGGAKAN




HYMNE GURU

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
S’bagai prasasti t’rima kasihku ‘tuk pengabdianmu
Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

KEBILE-BILE

Kebile bile mangke ku lege
Kebile-bile kua ade kance
Kebile bile mangke ku lege
Kebile bile ku ade kance

Kebile nian jagung kan mute
Mute dek mute kurendam kina

Kebile nian agung kan nule
Nule dek nule kudendam kina
Kebile nian sifat begune
Mangke dek payah ku ngulang lagi

Kebile bile mangke ku lege
Kebile-bile kua ade kance
Kebile bile mangke ku lege
Kebile bile ku ade kance

Kebile nian jagung kan mute
Mute dek mute kurendam kina

Kebile nian agung kan nule
Nule dek nule kudendam kina
Kebile nian sifat begune
Mangke dek payah ku ngulang lagi

KAMBANGLAH BUNGO
Kambanglah bungo parawitan
Si Mambang riang ditarikan
Di desa dusun Ranah Minang
Bungo kambang sumara anjuang
Pusako Minang Ranah Pagaruyuang
Dipasuntiang siang malam tabayang-bayang
Rumah nan gadang

Kambanglah bungo parawitan
Si Mambang riang ditarikan
Di desa dusun Ranah Minang
Bungo kambang sumara anjuang
Pusako Minang Ranah Pagaruyuang
Dipasuntiang siang malam tabayang-bayang
Rumah nan gadang

Kambanglah bungo parawitan
Si Mambang riang ditarikan
Di desa dusun Ranah Minang
Ranah Minang ............ Ranah Minang ...........


Indikator Pembelajaran Seni Musik Sekolah Dasar
Kelas 1
1. Menentukan sumber bunyi
2. Membedakan kuat dan lemahnya sumber bunyi dengan gerakan/tepukan
3. Membedakan menguat dan melemahnya sumber bunyi dengan gerakan/tepukan
4. Membedakan bunyi alam dan buatan
5. Membedakan panjang dan pendeknya bunyi
6. Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
7. Menyebutkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan
8. Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan
9. Menceritakan perbedaan bunyi panjang dan pendek
10. Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan
11. Melanjutkan irama yang diperdengarkan
12. Menunjukkan dengan memperagakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu
13. Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan
14. Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glisando
15. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan tempo pada lagu melalui gerak
16. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan
17. Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan dinamik dengan goresan atau garis
18. Melakukan tepuk bervariasi
19. Memainkan alat musik sederhana
20. Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
21. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya
22. Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
23. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya

Kelas 2
1. Menentukan sumber bunyi
2. Membedakan kuat dan lemahnya sumber bunyi dengan gerakan/tepukan
3. Membedakan menguat dan melemahnya sumber bunyi dengan gerakan/tepukan
4. Membedakan bunyi alam dan buatan
5. Membedakan panjang dan pendeknya bunyi
6. Membedakan cara pengucapan nama seseorang berdasarkan aksentuasinya
7. Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan
8. Menyebutkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi lagu wajib dan lagu anak yang diperdengarkan
9. Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan
10. Menceritakan perbedaan bunyi panjang dan pendek
11. Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan
12. Melanjutkan irama yang diperdengarkan
13. Menunjukkan dengan memperagakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu
14. Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada
akhir lagu dengan gerakan
15. Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glisando
16. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan tempo pada lagu dengan gerakan
17. Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan
18. Mengungkapkan perasaan tentang perubahan tempo dan dinamik dengan goresan
19. Melakukan tepuk bervariasi
20. Memainkan alat musik sederhana
21. Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar
22. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya
23. Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis
24. Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya
25. Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis

Kelas 3
1. Menyebutkan simbol bunyi sederhana
2. Menyusun dan menunjukkan pola melodi pendek dengan menggunakan simbol musik secara visual dan gerak tubuh
3. Membedakan gerak kuat dan lemah bunyi
4. Membedakan tempo lambat, sedang, dan cepat dari lagu yang diperdengarkan
5. Menunjukkan kesesuaian tempo suatu lagu dengan gerakan atau tepukan
6. Mengungkapkan secara lisan makna dari simbol-simbol bunyi
7. Menunjukkan kesesuaian irama lagu bertanda birama dua, tiga, dengan isyarat gerak tubuh
8. Menunjukkan kesesuaian gerak anggota tubuh dengan lagu yang memiliki bunyi panjang pada akhir lagu yang memiliki bunyi panjang pada akhir kalimat atau bagian kalimat lagu (frase)
9. Menunjukkan kesesuaian melodi dalam bernyanyi dengan bentuk simbol secara visual, gerak tubuh, dan tertulis
10. Menunjukkan melodi suatu lagu secara visual
11. Menunjukkan secara lisan dan tertulis terhadap dinamik yang diperdengarkan
12. Menunjukkan dinamik musik ke dalam goresan atau garis
13. Menunjukkan kesesuaian lagu yang dinyanyikan dengan dinamik yang trtulis
14. Memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis
15. Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis
16. Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik
17. Menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar di hadapan anggota kelas lain
18. Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair di hadapan anggota kelas lain
19. Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar di hadapan anggota kelas lain
20. Menyanyikan lagu dengan gaya yang sesuai dengan syair di hadapan anggota kelas lain

Indikator Pembelajaran Seni Musik Sekolah Dasar

Kelas 4

1. Menyebutkan jenis musik daerah setempat melalui lagu yang diperdengarkan
2. Membedakan jenis lagu nasional dan lagu wajib
3. Menyebutkan jenis alat musik setempat yang dimainkan
4. Menunjukkan perubahan kuat-lemah bunyi dalam permainan alat musik melodis
5. Menjelaskan secara lisan/tertulis tentang perubahan kuat-lemah bunyi yang diperdengarkan
6. Membedakan tempo lambat, sedang, cepat dari lagu yang diperdengarkan
7. Menjelaskan kesesuaian gerakan/tepukan dengan tempo lagu yang diperdengarkan
8. Menjelaskan teknik permainan alat musik ritmis
9. Menunjukkan kesesuaian peragaan irama dengan tepukan, isyarat gerak tubuh dan simbol tertulis
10. Menunjukkan kesesuaian tepukan/gerakan dalam menyanyikan lagu bertanda birama enam
11. Menunjukkan teknik permainan alat musik melodis
12. Menunjukkan kesesuaian peragaan melodi dengan simbol tertulis
13. Memainkan alat musik ritmis dan melodis secara kelompok dengan teknik yang benar
14. Memainkan alat musik melodis lagu daerah dan lagu nasional
15. Menyanyikan lagu dengan iringan permainan alat musik di kelas
16. Menyanyikan lagu dengan iringan permainan musik di hadapan anggota kelas lain

Kelas 5

1. Menyebutkan jenis musik Nusantara melalui lagu yang diperdengarkan
2. Menjelaskan jenis lagu nasional dan lagu wajib
3. Menyebutkan jenis alat musik yang diragakan/dimainkan
4. Menunjukkan bentuk penuk\lisan notasi yang dipergunakan
5. Menunjukkan susunan nada pada lagu yang diperdengarkan
6. Mengelompokkan lagu daerah dan lagu nasional
7. Menunjukkan perbedaan cara memainkan musik daerah dan musik modern
8. Menceritakan secara lisan dan tertulis tentang pertunjukkan musik daerah setempat atau daerah lain
9. Menunjukkan keunikan musik daerah setempat atau daerah lain melalui pengamatan
10. Menceritakan secara lisan dan tertulis tentang isi dan sejarah lagu-lagu wajib dan nasional
11. Menunjukkan kesan ketika menyanyikan lagu wajib dan lagu-lagu nasional
12. Memperagakan teknik memainkan alat musik ritmis dan melodis secara kelompok
13. Memainkan lagu daerah dengan alat musik melodis
14. Mempertunjukkan teknik memainkan alat musik ritmis dan melodis secara kelompok
15. Memainkan lagu daerah dengan alat musik melodis
16. Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik
17. Memnyanyikan lagu daerah (Nusantara)
18. Menyanyikan lagu-lagu nasional
19. Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bernyanyi atau dengan iringan musik
20. Menyanyikan lagu=lagu wajib dengan syair yang tepat
21. Menyanyikan lagu wajib dengan iringan musik

Kelas 6

1. Menyebutkan jenis musik Nusantara dan mancanegara melalui lagu yang diperdengarkan
2. Menjelaskan jenis lagu nasional dan lagu negara lain
3. Menyebutkan jenis alat musik yang diragakan/dimainkan
4. Menunjukkan bentuk penulisan notasi yang dipergunakan
5. Menunjukkan susunan nada pada lagu yang diperdengarkan
6. Mengelompokkan lagu-lagu nasional dan negara lain
7. Menunjukkan perbedaan cara memainkan musik daerah dengan musik modern
8. Menceritakan secara lisan dan tertulis tentang pertunjukan musik Nusantara dan negara lain
9. Menunjukkan keunikan musik Nusantara dan negara lain melalui pengamatan
10. Menceritakan secara lisan dan tertulis tentang isi dan sejarah lagu-lagu wajib dan nasional
11. Menunjukkan kesan ketika menyanyikan lagu wajib dan nasional
12. Memperagakan teknik memainkan alat musik ritmis dan melodis secara kelompok
13. Memainkan lagu daerah dengan alat musik melodis
14. Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik
15. Menyanyikan lagu daerah dan negara lain
16. Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bernyanyi atau dengan iringan musik
17. Menyanyikan lagu nasional dan lagu wajib dengan syair yang tepat
18. Menyanyikan lagu wajib dengan iringan musik


SI PATOKAAN

Sayang-sayang si Patokaan matego tego gorokan sayang
Sayang-sayang si Patokaan matego tego gorokan sayang

Sako mengemo tanah man jauh
mangemo mileilek lako sayang
Sako mengmo tanah man jauh
mangemo mileilek lako sayang

Sayang-sayang si Patokaan malas belajar malas membaca
Sayang-sayang si Patokaan malas belajar matematika

Pulang sekolah main di jalan
Sampai di rumah bermalas-malas
Soal ulangan tak dikerjakan
Si Patokaan tak naik kelas

RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Seni Musik
Pokok Bahasan : Pengenalan Lagu Daerah
Subpokok Bahasan : Lagu Daerah di Sumatera Selatan
Kelas/Semester : 4/2
Waktu : 1 x 45 menit
Kompetensi Dasar : Siswa memahami berbagai gagasan dalam berkarya musik Nusantara (daerah setempat)
sesuai konteks seni dalam masyarakat.
Hasil Belajar : Siswa dapat mengidentifikasi berbagai ragam musik.
Indikator : 1. ......
2. ....
3. .....
( Tuliskan ecakapan apa yang diharapkan guru setelah selesai pembelajaran)

Materi Pelajaran : Tuliskan lagu daerah yang akan dipelajari atau teori musik yang sesuai dengan
indikator yang akan dicapai
Kegiatan Belajar : Uraikan menjadi 4 kegiatan utama, yaitu:
Membuka pelajaran 5 menit
Kegiatan inti 30 menit
Evaluasi proses 10 menit
Menutup pelajaran 5 menit
Alat Bantu Belajar, Media, dan Alat Peraga:
Tuliskan alat bantu belajar apa saja yang digunakan oleh siswa atau guru
Evaluasi : Tuliskan bagainaba cara guru mengevaluasi siswa, sesuai dengan indikator

Palembang, 15 Juni 2005
Mahasiswa PPL

_________________
NIM ....................

Departemen Pendidikan Nasional
Universitas Sriwijaya
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Diploma II Kependidikan
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2004/2005
PENDIDIKAN SENI MUSIK
WAKTU 100 MENIT

Buatlah Rencana Pembelajaran Seni Musik di kelas 4 SD semester 2 dengan kerangka sebagai berikut:

RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Seni Musik
Pokok Bahasan : Pengenalan Lagu Daerah
Subpokok Bahasan : Lagu Daerah di Sumatera Selatan
Kelas/Semester : 4/2
Waktu : 1 x 45 menit

Kompetensi Dasar : Siswa memahami berbagai gagasan dalam berkarya musik Nusantara (daerah setempat)
sesuai konteks seni dalam masyarakat.

Hasil Belajar : Siswa dapat mengidentifikasi berbagai ragam musik.

Indikator : 1. ......
2. ....
3. .....
( Tuliskan ecakapan apa yang diharapkan guru setelah selesai pembelajaran)

Materi Pelajaran : Tuliskan lagu daerah yang akan dipelajari atau teori musik yang sesuai dengan
indikator yang akan dicapai

Kegiatan Belajar : Uraikan menjadi 4 kegiatan utama, yaitu:
Membuka pelajaran 5 menit
Kegiatan inti 30 menit
Evaluasi proses 10 menit
Menutup pelajaran 5 menit

Alat Bantu Belajar, Media, dan Alat Peraga:
Tuliskan alat bantu belajar apa saja yang digunakan oleh siswa atau guru

Evaluasi : Tuliskan bagainaba cara guru mengevaluasi siswa, sesuai dengan indikator

Palembang, 15 Juni 2005
Mahasiswa PPL

_________________
NIM ....................




UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2004/2005
PENGENALAN SENI MUSIK UNTUK USIA DINI
WAKTU 100 MENIT
1. Tuliskan sebuah lagu anak-anak lengkap dengan notasi angkanya.
2. Tuliskan sebuah lagu untuk anak-anak bermain, ceritakan juga cara bermainnya dan jumlah anak yang bermain.
3. Tuliskan sebuah lagu daerah Nusantara, dari daerah manakah lagu tersebut?
4. Gambarkan sebuah alat musik dan jelaskan bagaimana cara memainkannya!
5. Tuliskan urutan kegiatan jika Anda akan mengajarkan sebuah lagu baru kepada anak TK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar